Kamis, 05 Januari 2023

Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

 

Aktivitas Manusia dalam 

Memenuhi Kebutuhan

Rangkuman Materi

Kita ketahui bahwa manusia terkenal sebagai mahluk ekonomi (Homo Economicus) di sebabkan manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan. Kita sebagai manusia tidak mampu untuk memenuhi suatu kebutuhan tanpa adanya orang lain, dengan hal ini menunjukan bahwa manusia sebagai mahluk social yang selalu hidup bersama dan tidak dapat hidup sendiri.

1.       Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi

            Setiap kebutan manusia semakin banyak seiring dengan bertambahnya zaman, sedangkan yang terjadi barang dan jasa serta sumber alam lainya berjumlah terbatas, yang mengakibatkan barang yang di pasaran LANGKA/TIDAK ADA.

2.       Kebutuhan Manusia

               Kebutuhan merupakan suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, jika tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi kehidupanya.

 Macam-macam jenis kebutuhan :

a.       Kebutuhan menurut tingkatan (intensitas)

👉    Kebutuan primer : kebutuhan yang harus di penuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Contoh ( sandang, pangan dan papan)

👉    Kebutuhan sekunder : kebutuhan yang terpenuhinya apa bila kebutuhan primer telah terpenuhi. Contoh (prabotan rumah, sepeda dll)

👉    Kebutuhan tersier : kebutuhan akan barang mewah. Pemenuhannya setelah primer dan sekunder telah terpenuhi. Contoh (mobil, Sepeda motor, jam mewah, dll)

b.      Kebutuhan menurut sifat

👉    Kebutuhan jasmani

Adalah kebutuhan untuk memenuhi kepentingan jasmani. Contoh (olahraga, makan minum, pakaian dll)

👉    Kebutuhan rohani

Adalah kebutuhan untuk kepentingan roh atau jiwa manusia. Contoh (shalat, ngaji, hiburan)

c.       Kebutuhan menurut waktu pengguna

👉    Kebutuhan sekarang : kebutuhan yang harus di penuhi saat itu juga.

👉    Kebutuhan yang akan dating : kebutuhan yang tidak harus di penuhi saat itu juga bisa                                                            lain waktu.

d.      Kebutuhan menurut subjek

👉    Kebutuhan individu : merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan perorangan.              Contoh (sepatu untuk orang yang membuhkan sepatu dll)

👉    Kebutuhan kelompok atau kolektif : merupakan kebutuhan yang dirasakan oleh                      sekelompok orang dan pemenuhanya di lakukan secara bersama-sama. Contoh                      (lapangan, jembatan, jalan,dll)

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia :

👉    Jenis kelamin

👉    Tingkat pendidikan

👉    Lingkungan tempat tinggal

👉    Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

👉    Tingkat pendapatan

👉    Status sosial

👉    Perbedaan selera

 

12 komentar:

KUMPULAN SOAL

KUMPULAN SOAL-SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 8 DAN 9 KELAS 8 1.    Teks yang memaparkan informasi mengenai suatu kejadian /peristiwa yang bersi...